Kamis, 21 Juli 2011

Pelaksanaan Prakerin di SMKN 1 Binuang Angkatan Pertama ( sebuah catatan ) by : dr.king

     Setelah terbentuk akhir maret 2011,  pokja Prakerin segera menyusun program kerja prakerin. Jujur kata prakerin pun baru kami dengar saat itu. Maklum 4 orang yang dipilih sebagai tim pokja prakerin tak satupun yang mempunyai background SMK. Berbekal google dan bimbingan dari yang kami banggakan Kepala SMKN 1 Binuang Bapak Bambang Wicahyono,S.Pt, akhirnya kini kami sudah melewati tahap puncak yaitu penempatan siswa pada dunia usaha / dunia industri ( DU/DI ).
     Waktu itu berbekal dari hasil browsing kami berusaha menyusun program kerja lengkap dengan rincian waktu dan uraian kegiatan . Tahap berikutnya adalah penyusunan Rancangan Anggaran Biaya Prakerin yang nantinya di presentasikan dan di sosialisasikan pada seluruh orang tua / wali siswa. 
     Tahap demi tahap telah  kami lewati, tahap selanjutnya adalah inventasisasi DU/DI yang sesuai dengan program keahlian siswa. Dari sinilah kami mulai menemui kesulitan dan hambatan. Berhubungan dengan DU/DI merupakan hal yang baru bagi kami, Namun Alhamdulillah meski banyak kesalahan, kekeliruan  yang kami lakukan tapi kami terus belajar dari itu semua. Dan kini SMKN 1 Binuang telah berhasil menjalin kerjasama dengan 23 DU/DI di lima kabupaten yaitu : Tapin, HSS, Banjar, Batola dan Tanah Bumbu sebagai tempat prakerin  80 siswa SMKN Binuang. 
      Sebelum diberangkatkan para siswa kami berikan kegiatan pembekalan, mengenalkan mereka dengan keadaan lingkungan dan cara kerja serta aturan - aturan umum yang ada di DU/DI. Membekali mereka dengan pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, serta tentang Akhlak dan perilaku berinteraksi dalam kehidupan sosial.serta diberikan buku panduan pelaksanaan Prakerin.
     Saat tulisan ini di posting, sebagian siswa sudah dikirim ke DU/DI setelah secara resmi dilaksanakan acara pelepasan siswa prakerin pada hari senin, 18 juli 2011. Secara bertahap siswa kami antar ke DU/DI sampai dengan 30 juli 2011, untuk nantinya melaksanakan prakerin di DU/DI hingga 20 Nopember 2011
     Masih panjang tahap yang harus kami jalani. Setelah ini monitoring dan pembimbingan serta evaluasi, pembuatan laporan , seminar dan presentasi . dan terakhir laporan pokja kepada Kepala Sekolah   mungkin ratusan masalah akan timbul hingga berakhirnya  masa kerja prakerin Desember 2011. Merintis memang tidak mudah, siswa kami adalah angkatan pertama dari SMKN 1 Binuang yang melaksanakan prakerin, Tim Pokja nya juga yang pertama bagi SMKN 1 Binuang dalam menangani prakerin.
     Selaku ketua pokja, dan atas nama pokja saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala SMKN 1 Binuang atas bimbingan dan arahannya. Kemudian ucapan terima kasih juga kepada semua DU/DI yang telah bekerjasama dan membantu kami serta siswa - siswa kami dalam pelaksanaan prakerin, kami hargai semua ini sebagai bentuk kepedulian DU/DI terhadap dunia pendidikan. Selanjutnya saya pribadi selaku ketua pokja mengucapkan terima kasih kepada semua anggota pokja yang tetap solid bekerjasama untuk menjalankan program kerja prakerin. 
Fauzan Hariyanto,S.Pd
(yang pegang laptop)
Adhi Pranoto
     Jalan kita masih panjang ... terima kasih kepada bapak Fauzan Hariyanto,S.Pd , Bapak Adhi Pranoto dan Ibu Lia ULfatul Ulya,S.Pd.


Lia Ulfatul Ulya,S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar